Profil Desa

Tenjolayar di Kab. Majalengka, desa dengan julukan desa berdaya dan mandiri. Ada banyak tempat menarik yang dapat Anda nikmati.

Sejarah Desa

Jaman dahulu ada kaka beradi yang bernama Mbah Karsijah dan Mbah Kawung Poek. Sedang Mbah Karsijah baik peragainya dan tinggi budi pekertinya. Hingga disegani oleh semua orang disekitarnya. Hal ini membuat Mbah Kawung Poek marah merasa tidak dihargai. Hingga terjadi persengketaan besar antara kaka beradik ini.

Atas kejadian ini Mbah Karsijah minta tolong kepada Kiai KARIM saudara mereka. Persengketaan ini dapat diselesaikan secara arif oleh Kiai Karim dengan keputusan membangi dua wilayah. Agar masing masing mempunyai wilayah kekuasaan pembagian dua ini akhirnya menghasilkan.

Pembangunan

Pemerintah desa bersama masyarakat bekerja bersama untuk memajukan dan mengembangkan desa melalui pembangunan yang efektif. Pembangunan yang kami lakukan mengedepankan kearifan lokal yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik sosial budaya, karakterisktik fisik/geografis, pola kegiatan usaha pertanian, pola keterkaitan ekonomi, sektor kelembagaan desa, dan karakteristik kawasan pemukiman desa kami.

Lembaga Pemerintahan

Lembaga Pemrintahan desa sellau berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk warga. Kami harap dengan adanya media publikasi ini, kami dapat lebih dekat dengan warga.


Keterbukaan informasi menjadi salah satu amanat UU Desa Pasal 86!

Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.