Tenjolayar – Usaha ternak domba secara intensif dapat mendatangkan keuntungan besar bagi peternak. Dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak di Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka dilaksanakan pelatihan penerapan pakan konsentrat antara lain Urea Molases Block (UMB) dan pakan konsentrat berbahan baku tepung tulang dan tepung jagung.
Selama ini peternak domba di Desa Tenjolayar memberikan pakan dasar masih mengandalkan ketersediaan hijauan lapang seperti rumput dan limbah pertanian seperti daun hasil panen ubi jalar. Pakan konsentrat jarang diberikan sehingga pakan yang dikonsumsi belum memenuhi kebutuhan nutrien untuk hidup pokok dan pertumbuhan sehingga produktivitas ternak masih rendah.
Pelatihan Penerapan Pakan Konsentrat untuk ternak domba yang dilaksanakan pada hari Selasa (20/08/2019) oleh Dinas Pangan Kabupaten Majalengka melalui Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cigasong di Sekretariat Kelompok Ternak Kubangsari, pada kesempatan tersebut Hj. Entin Nelly, SP. – Koordinator BPP Cigsong, berpesan agar hasil pelatihan dapat diterapkan oleh para peternak peserta pelatihan yang merupakan anggota Kelompok Ternak Kubangsari Desa Tenjolayar dan lebih luas lagi menyampaikan ilmu yang didapat ditularkan kepada petani lain yang tidak bisa mengikuti pelatihan agar dapat meningkatkan produktivitas ternak sehingga pendapatan pun meningkat. (Arief Rahman S.P)

Berita ditulis menggunakan android.

Bagikan Berita