TENJOLAYAR – Meningkatkan potensi pemberdayaan masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Majalengka, seperti halnya Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Majalengka melalui Balai Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Cigasong mendorong dan mendampingi kegiatan yang berlangsung di Kelompok Wanita Tani (KWT) Pesantren Terpadu yang berdomisili di Blok Kubangsari RT 13 RW 06 Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong yang memproduksi pengolahan hasil pertanian berupa kue Noga Kelapa.

Kelompok yang diketuai Patimah sudah berjalan 3 tahun ini sangat aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan instansi terkait, menurut Arief Rahman, PPL., TH.  yang mendampingi kelompok tersebut menyebutkan potensi yang dimiliki kelompok ini sangat besar diantaranya kekompakan anggota, pengalaman dalam pembuatan produk serta sebagian bahan baku mudah di dapat , tantangan yang dihadapi kelompok ini harus bisa memperluas jaringan rekanan untuk pemasaran produksi disamping perijinan , label serta sertifikat yang sedang diupayakan supaya dapat masuk ke toko-toko modern. Disamping itu BP3K kecamatan Cigasong melalui penyuluhnya selalu berupaya memberikan arahan untuk meningkatkan kwalitas kemasan  untuk kelihatan lebih menarik konsumen.

Pemasaran produk yang sudah berjalan oleh kelompok di suplai ke warung – warung dan pasar tradisional yang ada disekitaran . Panganan yang terbuat dari kelapa dan gula merah ini sangat cocok dikonsumsi pada saat santai menemani secangkir teh hangat dan bekal kegiatan piknik. (Di2)

Bagikan Berita