Fauzan , Didi Sardi (ke 1 dan ke 2 dari kiri ) utusan Kabupaten Majalengka ,photo bersama usai mengikuti apel pagi di halaman BPPKS-Cimahi.

CIMAHI- Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Pekerjaan Sosial  Untuk  Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se  Jawa Barat Tahun 2017 di Aula Gedung Balai Pengembangan Dan Pelatihan Kesejahtraan Sosial , Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Jalan Jenderal Amir Machmud (Jl.Raya Cibabat) Nomor 331, Kota Cimahi, selama lima hari Senin sampai Jum’at (20 s/d 24 Maret 2017).

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, DR Ida Wahidah dalam sambutan sekaligus membuka acara menjelaskan, pelatihan dasar bagi PSM se Jawa Barat Tahun 2017 tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dari 10 kabupaten/kota di Jawa Barat. Utusan dari kabupaten Majalengka sebanyak tiga orang terdiri dari PSM : Didi Sardi (Tenjolayar-Cigasong) Ahmad Satori S Pd I (Pasindangan-Jatitujuh) Ahmad Faozan Hidayat (Wanajaya-Kasokandel)

” Pelatihan Dasar Pekerjaan Sosial  Untuk  Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se  Jawa Barat Tahun 2017 ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan,kemampuan peran dan tugas  PSM sebagai pionir dan ujung tombak pembangunan kesejahteraan sosial di masyarakat,” katanya.

Adapun tujuannya, yaitu pertama, dipahaminya mengenai lingkup tugas, fungsi serta mekanisme PSM. Kedua, meningkatnya pengetahuan dan  keterampilan PSM dalam pelaksanaan tugas pembangunan kesejahteraan sosial di lapangan. Ketiga, meningkatnya jangkauan dan sasaran pelaksanaan pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

Penceramah dan pembimbing dalam kegiatan tersebut meliputi unsur dari Sekolah Tinggi Kesejahtetaan Sosial (STKS) Bandung, Balai Pengembangan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial  Provinsi. Metode pelatihan yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi ,curhat tukar pengalaman dari para peserta , Orientase Lapangan (OL) ke Kecamatan Rancaekek (Ds Jelegong dan Kel Rancaekek Kencana ) Kabupaten Bandung dan hari teakhir presentase hasil OL yang dibagi menjadi dua kelompok dengan moderator Robet S. Dan narasumber Drs.Sirojudin – Kasi Penyelenggaraan Pelatihan dan Sobirin Rahmat,S.,Sos.MM widyaswara ahli madya BPPKS Cibabat-Cimah.

Materi yang disampaikan selama lima hari meliputi :

  1. Penyuluhan Sosial Dan Pelayanan Sosial
  2. Sistem Dasar Dalam Pekerjaan Sosial
  3. Konseling Dalam Pelayanan Sosial
  4. Nilai Dan Etika Pekerjaan Sosial
  5. Metoda Dan Teknik Pekerjaan Sosial
  6. Pekerjaan Sosial Sebagai Suatu Profesi
  7. Proses Pelayanan Pekerjaan Sosial

Acara pelatihan ditutup oleh Drs.Sirojudin – Kasi Penyelenggaraan Pelatihan didampingi Sobirin Rahmat,S.,Sos.MM widyaswara ahli madya BPPKS Cibabat-Cimahi dan Lilis Kindarsih SS MM. Para peserta sebelum kembali ke daerah masing-masing diberikan haknya setelah mengikuti pelatihan berupa modul materi dan uang saku dari panitia penyelenggara.

Kasi Penyelenggaraan Pelatihan – Drs.Sirojudin mengatakan, melalui pelatihan dasar ilmu yang telah diperoleh dapat ditularkan ke PSM yang lain khususnya di wilayah kerja masing-masing sehingga  peserta dapat mengetahui dan mampu mengungkapkan potensi peranannya sebagai PSM dalam berperan serta menanggulangi berbagai permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat sesuai dengan karakter dan  kondisi daerahnya. (Di2)

Bagikan Berita