Kunjungan Hj Entin Elly Komariyah,SP- Koordinator BPP Cigasong,ke Kelompok Tani Candra-Tenjolayar.

Tenjolayar โ€“ Rabu (26/06/2019) di rumah ketua Kelompok Tani Candra Blok Langensari Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong ,pengurus beserta tokoh masyarakat menerima kunjungan silaturahmi Hj Entin Elly Komariyah,SP.- Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cigasong didampingi Arief Rahman, SP. โ€“ Penyuluh Pertanian Desa Tenjolayar.

Kunjungan koordinator BPP yang baru ini setelah berkeliling ke beberapa desa di kecamatan cigasong yang menjadi wilayah binaannya dengan tujuan utama bersilaturahi memperkenalkan diri,mendekatkan hubungan dengan para petani langsung serta memberikan arahan,mitivasi dan himbauan seputar peningkatan produktivitas hasil pertanian.

Setelah berbincang bincang acara kunjungan dilanjutkan ke lokasi areal pertanian, dari hasil interaksi dilapangan dengan para petani banyak masukan dan keluhan seputar gangguan dan ancaman kelangsungan tanaman. Dari keluhan dikerucutkan menjadi beberapa poin untuk disimpilkan antara lain : semakin berkurangnya ketersediaan air terlebih dimusim kemarau,serangan hama tikus.

Koordinator BPP dalam arahannya menyampaikan kepada para petani untuk kembali ke pola pemakaian pupuk organik terutama pupuk kandang yang dimiliki masing masing petani dari kotoran ternaknya untuk dipakai ke lahan sendiri mengingat kandungan tanah yang banyak memakai organik akan lebih baik dari kondisi tanah yang sering menggunakan pupuk kimia.

Untuk serangan hama tikus ibu koordinator sangat mendukung gerakan pembuatan Rumah Burung Hantu (RUBUHA) yang sudah dilakukan beberapa petani Kelompok Candra yang diharapkan akan dapat mendatangkan burung Tyto Alba ke lahan pertanian yang menjadi sepecialis pemangsa hama tikus dan pemerintah desa diharapkan dapat membuat Perdes tentang perlindungan terhadap binatang pemangsa hama tikus tersebut supaya perkembangbiakannya dapat bertambah sehingga menjadi nilai positif untuk membantu serangan hama tikus secara alami. (Di2)

Bagikan Berita