Rini Handayani (costum merah) Supervisor Tim , menyaksikan langsung proses wawancara dan antropometri kepada responden.

Rini Handayani (costum merah) Supervisor Tim , menyaksikan langsung proses wawancara dan antropometri kepada responden.

TENJOLAYAR – Jum’at (18/11/2016) petugas peneliti yang sedang melaksanakan survei di desa Tenjolayar terkait dengan pelayanan pendidikan kesehatan mendapat kehormatan untuk dimonitoring pelaksanaanya oleh Rini Handayani- Supervisor Tim dan Iis Surtina – Peneliti , Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada (PSKK UGM) Yogyakarta.

Para petugas untuk penelitian meminta informasi dan mendatangi kantor kecamatan, kepala desa, bidan desa, kader posyandu , Sekolah Dasar , Sekolah Menengah Pertama, pendamping desa serta rumah tangga. Tim monitoring sempat mendampingi langsung berkunjung ke salah satu rumah tangga  bapak Dede yang beralamat di Blok Mekarsari RT 07 RW 03 Desa Tenjolayar, yang mana pada rumah tangga tersebut dijumpai anggota keluarga yang terdiri dari lansia , anak usia pendidikan dasar serta Balita.

Pada pelaksanaan wawancara petugas pertama-tama memperkenalkan diri dengan memperlihatkan identitas dan surat tugas serta menerangkan maksud dan tujuan kunjungan , setelah ditanya kesediannya tanpa ada paksaan untuk diwawancara dan keterangan yang disampaikan dijamin kerahasiaannya responden menandatangani formulir kuisener, setelah itu baru petugas mengajukan pertanyaan – pertanyaan sekitar pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Apabila dalam rumah tangga tersebut ada anggota keluarga yang berusia antara 0 – 12 tahun , petugas akan melakukan antropometri (pengukuran) berat badan , tinggi badan dan lingkar lengan untuk melihat status kesehatan anak tersebut .

Kegiatan penelitian  di Kabupaten Majalengka akan dilaksanakan di 11 kecamatan : Panyingkiran , Majalengka , Cigasong , Maja , Sukahaji , Rajagaluh , Sindang Wangi , Argapura , Banjaran , Lemahsugih dan Bantarujeg.

“Dalam penelitian yang kami lakukan ini , tanggapan dan sambutan dari pihak Pemerintah Desa Tenjolayar sangat baik dan sangat terbuka , sehingga mempermudah kami dalam melakukan proses penelitian . Selain itu masyarakat Desa Tenjolayar yang ramah juga membantu kami dalam proses penelitian pada wawancara rumah tangga .” ucap Zone Nur Hiday –petugas  yang menangani bidang kesehatan. (Di2)

Jpeg

Jpeg

Bagikan Berita